Transmigran Agar Jaga Nama Baik Daerah




Selain bekerja keras mengelola aset yang telah diberikan, para transmigran diharapkan untuk senantiasa menjaga nama baik Kabupaten Purworejo. Karena hal itu akan berpengaruh terhadap kelangsungan kerjasama dan hubungan baik dengan daerah lokasi transmigrasi. Hal tersebut diungkapkan Asisten III Drh H Abdulrahman saat melepas peserta transmigrasi di aula BLK Cangkreplor, beberapa waktu lalu.
Transmigran dari Kabupaten Purworejo akan mengadu nasib ke lokasi transmigrasi yaitu di daerah Kamboja, Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat. Transmigran yang berangkat berjumlah 10 kepala keluarga (KK) terdiri 40 orang, berasal dari desa Cacaban Kidul Kecamatan Bener 4 KK, Sokogelap dan Wonosuko (Kemiri) 1 KK. Durensari (Bagelen) 1 KK, Sudorogo (Kaligesing) 1 KK, Patutrejo dan Ketawangrejo (Grabag) masing masing 1 KK.
Lebih lanjut ia minta agar para transmigran juga selalu berupaya menyesuaikan diri dengan adat istiadat maupun tradisi di daerah penempatan. Sehingga hubungan dengan masyarakat setempat bisa berlangsung secara harmonis.
Menurutnya, hakekat transmigrasi pada dasarnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan, baik warga transmigran maupun masyarakat asli yang berada di lokasi transmigrasi. Transmigrasi ibarat orang yang babad alas, sehingga harus menyiapkan fisik dan mental untuk bekerja keras mengubah kondisi yang serba tidak ada, serba susah dan serba kekurangan, menjadi kondisi yang lebih layak dan lebih baik.
Terkait dengan hal tersebut, para transmigran hendaknya mau bekerja keras mengelola aset yang diberikan, bekerjasama dengan transmigran lain, saling berbagi pengetahuan dengan warga setempat dan selalu berkoordinasi dengan petugas setempat. “Segeralah membentuk semacam paguyuban untuk mengatasi berbagai persoalan yang muncul, sehingga nantinya tidak kebingungan dan mudah diojok-ojoki (diprovokasi) untuk meninggalkan lokasi dan kembali ke daerah asal,”harapnya. 



Komentar:




Share your views...

0 Respones to "Transmigran Agar Jaga Nama Baik Daerah"

Post a Comment

 

© 2010 Raseco blog All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info