Jamkesmas Lebih Baik Dibanding Askes PNS





Pelayanan kesehatan peserta jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas), lebih istimewa dibanding asuransi kesehatan dari pegawai negeri. Bila pelayanan askes PNS masih ada sharing anggaran, namun untuk peserta jamkesmas tidak dipungut biaya sama sekali.
Bahkan biaya transportasi dari puskesmas ke RSU hingga ke rumah sakit rujukan pun, ditanggung pemerintah.
Hal tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Kemiskinan Daerah, Kamis (9/12), di ruang Arahiwang. Rakor dibuka Wakil Bupati Purworejo, Suhar, dan diikuti seluruh anggota Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD). Sedangkan materi disampaikan oleh masing-masing SKPD, yang memiliki kegiatan penanggulangan kemiskinan, diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Diperindagkop, Bapermasdes.
Dikemukakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, dr Kuswantoro MKes, bahwa pelayanan kesehatan masyarakat miskin bersumber dari program bantuan sosial. Progran tersebut diselenggarakan secara nasional, dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh bagi masyatakat miskin. Peserta jamkesmas dapat memperoleh pelayanan kesehatan di seluruh Indonesia. Rumah sakit yang ditunjuk, tidak boleh menolak terhadap permintanaan pelayanan kesehatan peserta jamkesmas. 
Masyarakat miskin di Purworejo yang masuk progam jamkesmas, sesuai keputusan bupati berjumlah 238.603 jiwa. Jumlah itu masih ditambah masyarakat miskin penghuni panti sosial termasuk gelandangan, pengemis, anak terlantar yang ditetapkan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial. Peserta Jamkesmas merupakan warga diluar peserta askes lainnya seperti, askes PNS dan jamsostek.
Saat ini, lanjutnya, ada empat rumah sakit yang melayani jamkesmas, yaitu RSU Saras Husada, PKU Muhamadiyah, Palang Biru, dan Panti Waluyo. Bila selama ini peserta jamkesmas masih dibebani biaya pembelian obat, karena pada rumah sakit tersebut tidak ada obat yang dimaksud, untuk tahun 2011 mendatang sudah tidak lagi dijumpai kasus serupa. Karena pelayanan sudah berbentuk paket, misalnya biaya sakit tipus sekian ratus ribu, operasi sekian juta dan sebagainya. (http://purworejokab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1016:jamkesmas-lebih-baik-dibanding-askes-pns&catid=16&Itemid=141)



Komentar:




Share your views...

0 Respones to "Jamkesmas Lebih Baik Dibanding Askes PNS"

Post a Comment

 

© 2010 Raseco blog All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info