Museum Tosan Aji, 1 Syuro 1.024 Pusaka Dijamas




Museum Tosan Aji Jamas Pusaka
Bertepatan dengan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1432 Hijriyah sekaligus peringatan penanggalan Jawa 1 Syuro, museum Tosan Aji Purworejo menggelar acara Jamasan Pusaka.
Sebanyak 1.024 pusaka dari berbagai jenis dijamasi melalui ritual budaya. Jamasan benda pusaka museum Tosan Aji kerjasama dengan Paseban Risang Aji, dilakukan oleh Kepala UPT Museum Tosan Aji Tri Yuliana SE. Sebelumnya diadakan selamatan atau kenduri agung.
Proses penjamasan dimulai dengan seremonial pembukaan, dilanjutkan dengan kirab pusaka yang akan dijamas. Yang pertama kali dijamas adalah keris Sabuk Inten Luk Sebelas hasil karya empu Supoanom dari kerajaan Mataran pada abad XVI. Jamasan dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan kembang yang ditaruh pada bejana kuningan.
Selain menjamasi benda pusaka yang ada di Museum Tosan Aji, juga benda pusaka dari masyarakat umum. Dalam acara tersebut juga digelar peragaan penggunaan senjata pusaka yang biasa digunakan para prajurit dan raja pada perang melawan penjajah tempo dulu. ”Peragaan ini selain sebagai budaya yang harus dilestarikan, juga masih sering digunakan pada acara tertentu seperti acara ritual adat,”kata sesepuh Paseban Risang Aji, HR Oteng Suherman.
Pada kesempatan itu juga diperagakan busana yang biasa digunakan para raja, dan prajurit, baik dari kerajaan Yogyakarta, Solo dan Bagelenan. “Bagelen lebih banyak kami tampilkan, karena banyak prajurit Bagelen yang ikut terlibat perang di bawah kerajaan mataran,”ungkapnya.
Dari 1.024 koleksi Tosan Aji paling banyak berupa keris yang jumlahnya mencapai 718 buah, tombak 288 buah, pedang 7 buah, kujang 3 buah, badik 3 buah, samurai 2 buah. Sedangkan cundrik, granggang, jambio masing-masing 1 buah.
Koleksi Tosan Aji tidak semuanya dipajang dalam ruangan, namun ada yang tersimpan dalam almari karena tempatnya yang terbatas. Untuk keris yang terpajang ada 73 buah, Tombak 32 buah, pedang 6 buah, samurai dan kujang 2 buah ,cundrik dan badik masing masing 1 buah.



Komentar:




Share your views...

0 Respones to "Museum Tosan Aji, 1 Syuro 1.024 Pusaka Dijamas"

Post a Comment

 

© 2010 Raseco blog All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info