P3D Asrama TAT TWAM ASI Diserahkan ke Pemkab Purworejo




Untuk kelanjutan pengelolaan personil, pembiayaan, perlengkapan dan dokumen (P3D) yayasan penyantunan cacat “TAT TWAM ASI” Kabupaten Purworejo diserah terimakan. Penyerahan oleh ketua yayasan kepada Bupati Purworejo, Senin (23/8), di ruang kerja Wakil Bupati Purworejo.
Naskah berita acara serah terima ditandatangani oleh H Moch Thoyib SSos, bertindak untuk dan atas nama yayasan penyantunan anak cacat “TAT TWAM ASI” Kabupaten Purworejo. Sedangkan pihak Pemkab Purwoprejo diwakili Wakil Bupati Purworejo, Drs H Mahsun Zain. Dalam naskah tesebut tertuang kesepakatan bahwa pihak yayasan menyerahkan kepada Pemkab Purworejo, berupa P3D asrama sekolah dasar luar biasa (SDLB), yang berlokasi di Kelurahan Cangkrep Lor. Setelah penyerahan tersebut, pengelolaan selanjutya akan dilakukan oleh Pemkab Purworejo.
H Moch Toyib SSos, mengungkapkan bahwa berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) empat mentri, yang intinya untuk memberikan pelayanan pendidikan anak usia sekolah dasar bagi penyandang catat, maka didirikan SDLB. Lembaga pendidikan tesebut berlokasi di Kelurahan Cangkrep Lor, Kecamatan Purworejo. Proses belajar mengajar telah berjalan baik, siswanya berasal dari berbagai daerah di wilayah Kabupaten Purworejo, bahkan ada yang dari Kabupaten Wonosobo. Seiring perjalanan waktu, tenyata permasalahan muncul. Banyak siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Disatu sisi mereka penyandang catat, disisi lain mereka harus mengeluarkan biaya banyak.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, akhirnya didirikanlah yayasan “TAT TWAM ASI” dengan mendirikan asrama. Untuk membiayai kebutuhan sehari-hari baik kebutuhan siswa maupun perawatan gedung selama ini mengandalkan sumbangan dari para donatur. Besarnya kebutuhan tiap tahunnya mencapai Rp 75 juta.
Selama ini bantuan yang diperoleh dari yayasan Darmais, progarm pemerintah pengurangan subsidi BBM, pemerintah propinsi, pemerintah kabupaten, dan donatur lainnya. Namun saat ini donatur semakin berkurang, sehingga pihak yayasan semakin kesulitan untuk menutup kebutuhan.
Saat ini tercatat 45 anak sebagai penghuni asrama, dari daya tampung 50 orang. Mereka menempati gedung seluas 500 meter persegi, dilengkapi berbagai vasilitas seperti musola, kamar mandi/WC. Bangunan tersebut menempati tanah seluas 11.000 meter persegi. Mereka diampu olah 11 orang petugas, yang terdiri dari 2 orang pegawai negeri sipil, sisanya tenaga non PNS.
Wakil Bupati Mahsun, pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada pihak yayasan yang selama ini ikut membantu pemerintah dalam melayani pendidikan kepada masyarakat kurang mampu. Untuk selanjutnya, pengelolaan akan diserahkan kepada SKPD terkait. Direncanakan asrama tersebut akan dijadikan panti asuhan, dan dijadikan unit pelaksanan teknis (UPT), dibawah Disnakertransos.



Komentar:




Share your views...

0 Respones to "P3D Asrama TAT TWAM ASI Diserahkan ke Pemkab Purworejo"

Post a Comment

 

© 2010 Raseco blog All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info