Insiden Bendera Merah Putih Terbalik saat Peringatan HUT RI ke 65 17 Agustus 2010





MANOKWARI-Detik-detik peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-65 tingkat Provinsi Papua Barat di Manokwari,Selasa (17/8)  diwarnai insiden sangat memilukan sekaligus memalukan. Pasukan pengibar bendara (Paskibra) membuat kesalahan fatal yang seharusnya tak boleh dilakukan. Bendera Merah Putih ketika dibentangkan dan hendak dikibarkan terbalik menjadi Putih-Merah.
Beberapa menit sebelum upacara peringatan HUT RI ke-65 ini dilangsungkan,cuaca di dalam kota Manokwari kurang bersahabat,turun hujan deras. Meski demikian,tak menyulutkan peserta upacara untuk meninggalkan lapangan upacara termasuk siswa SD,SMP dan SMA,tetap di lapangan.
Hingga tiga anggota Paskibra,semuanya pria,Abdul Hakim (SMA Kaimana),Fajar Rustam dan Pedy Idorwai keduanya dari Manokwari memisahkan diri,maju ke arah tiang bendera untuk mengibarkan bendera. Tanda-tanda bakal terjadi masalah sudah terlihat ketika salah satu dari tiga anggota Paskibra tersebut hendak mengkaitkan bendera ke tali penggerek.
Butuh waktu sekitar 5 menit untuk mengkaitkan bendera ke tali. Makin membuat penasaran ketika,salah seorang diantara mereka menarik tali penggerek. ‘’Pasti ada kesalahan,’’ ujar seorang pejabat yang duduk tak jauh dari wartawan Koran ini.
Kekuatiran terbukti. Ketika tiga anggota Paskibra ini membentangkan bendera dan hendak dikibarkan, bukan Merah Putih yang terlihat tapi sebaliknya Putih-Merah. Mungkin karena grogi,salah satu diantaranya hendak membalikkan,namun yang terjadi,posisi bendera makin tak beraturan. Hingga mereka melepas kembali dan membentulkan kaitannya. Baru sekitar 6 menit kemudian bendera dapat dikibarkan sampai ke ujung tiang diiringi lagu Indonesia Raya.
Insiden kesalahan pengibaran bendera Merah Putih ini sangat disayangkan,apalagi terjadi pada hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Padahal,anggota Paskibra sudah dilatih selama kurang lebih 1 bulan. Mereka pun terpilih dari sekian SMA/SMK di 10 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Papua Barat. ‘’Ini sangat memalukan.Mereka sudah latihan lama,tapi masih buat kesalahan fatal,’’ ujar seorang warga yang menyaksikan upacara.



Komentar:




Share your views...

0 Respones to "Insiden Bendera Merah Putih Terbalik saat Peringatan HUT RI ke 65 17 Agustus 2010"

Post a Comment

 

© 2010 Raseco blog All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info