Hama Ulat Bulu Serang Purworejo




PURWOREJO (KRjogja.com) - Hama ulat bulu akhirnya menyerang tanaman buah di Kabupaten Purworejo. Hama tersebut ditemukan menyerang tanaman mangga di Desa Kroyokulon Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo.

Hama ulat menyerang tanaman milik sejumlah warga setempat. Serangan hama tersebut diperkirakan sudah mulai terjadi sejak dua minggu terakhir. "Kami khawatir, populasinya makin banyak sehingga melapor pada lurah setempat," katanya kepada KRjogja.com, Jumat (15/4).

Setelah melaporkan kejadian tersebut, sejumlah perangkat desa dan petugas dinas pertanian setempat melakukann pengecekan. Bahkan, tanaman mangga milik Nurohim sudah disemprot dengan insektisida. Setelah disemprot, lanjutnya, populasi ulat turun drastis.

Lurah Kroyo Kulon Kemiri, Urip Wardoyo menambahkan, belum seluruh tanaman mangga di desanya diserang ulat bulu. Sejumah warga baru menemukan kepompong calon kupu-kupu serta telur ulat pada tanaman mangga milik mereka. "Pantauan kami, baru beberapa saja, belum ada puluhan batang. Sejak ada laporan warga, kami langsung melakukan antisipasi," imbuhnya.

Menurutnya, antisipasi dilakukan secara tradisional dengan mengambil telur ulat yang belum menetas. "Kami sudah minta pada warga yang punya tanaman mangga agar mengambil telur ulat yang belum menetas. Selain itu, desa sudah melapor ke dinas pertanian," ujarnya. (Jas)

src:krjogja



Komentar:




Share your views...

0 Respones to "Hama Ulat Bulu Serang Purworejo"

Post a Comment

 

© 2010 Raseco blog All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info